Depresiasi

engineDidefinisikan sebagai penurunan nilai dari suatu properti atau aset fisik (mesin, kendaraan, bangunan, dsb kecuali tanah dan collectible items) karena waktu dan pemakaian

Depresiasi dapat diklasifikasikan menjadi 3 jenis:

  • Depresiasi fisik
  • Depresiasi fungsional
  • Accidents

Depresiasi fisik :
Depresiasi karena properti atau aset mengalami kerusakan fisik yang menyebabkan penurunan kemampuan yang disebabkan karena pemakaian (korosi,  getaran, kejutan, benturan, abrasi, dll
Depresiasi fungsional
Depresiasi karena perubahan permintaan tingkat pelayanan produk atau jasa.
Depresiasi karena penemuan fasilitas-fasilitas baru dengan kemampuan teknis yang lebih tinggi dan ongkos yang lebih rendah.
Accident
Penurunan nilai properti/aset karena kecelakaan atau kejadian yang tidak dikehendaki.
Syarat suatu aset/properti bisa didepresiasi:

  1. Harus digunakan untuk keperluan bisnis atau memperoleh penghasilan.
  2. Umur ekonomisnya bisa dihitung.
  3. Umur ekonomisnya lebih dari 1 tahun.
  4. Harus merupakan sesuatu yang digunakan, sesuatu yang menjadi usang

Besarnya depresiasi tergantung pada :

  • Nilai investasi (P)
  • Estimasi umur ekonomis (N)
  • Nilai sisa (S)

Metode depresiasi yang digunakan:

  1. Straight line (SL)
  2. Sum-of-Years Digit (SOYD)
  3. Declining Balance (DB)
  4. Singking fund

Nilai awal (dasar depresiasi)
Harga awal suatu properti/aset yang terdiri dari harga beli, ongkos pengiriman, ongkos instalasi dan ongkos lain saat persiapan sampai properti/aset siap digunakan.
Nilai sisa
Nilai perkiraan suatu properti/aset pada akhir umur depresiasinya.

Nilai Sisa = Nilai Jual – Ongkos Pemindahan
Nilai buku
Nilai investasi setelah dikurangi dengan total nilai depresiasi sampai saat perhitungan. Karena depresiasi dibebankan tiap tahun makan nilai buku juga dihitung pada akhir tahun.
Nilai jual
Jumlah uang yang bisa diperoleh bila properti/aset tersebut dijual.

rumus-contoh perhitungan dan keterangan lengkap klik disini

Categories: Analisa, Download, ekonomi teknik, Software | Tags: , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: